Apa Itu Domain?

Post in:
Admin
March 9, 2019

Apa itu domain? pengertian domain artinya adalah, domain berfungsi sebagai nama alamat situs yang anda gunakan, dan contohnya; id-webdev.com, google.com, tokopedia.com, namaperusahaan.com dst.

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti; apa yang dimaksud domain dan hosting? apa itu fungsi domain dan hosting serta beberapa pertanyaan lainnya yang masih terkait dengan pembahasa ini.

Penjelasan Sederhana Pengertian Apa Itu Domain?

Contoh lebih detailnya; jika anda memiliki perusahaan dengan nama PT. Kharisma Jaya, lalu membuat website di id-webdev.com, kemudian anda ingin menggunakan nama perusahaan sebagai nama domain, maka nama domain, atau alamat website anda bisa diberi nama dengan ptkharismajaya.com, pt-kharismajaya.co.id, ptkharismajaya.net atau nama lainnya sesuai dengan keinginan.

Pengertian Domain dan Hosting

Apa itu domain dan hosting? pengertian domain sudah saya jelaskan diatas. Kemudian, jika ditambah dengan hosting maka artinya adalah; domain (alamat website anda) dipointing atau diarahkan kesebuah layanan hosting.

Ada 2 cara untuk megarahkan domain ke hosting, pertama; menggunakan nameserver yang diberikan oleh penyedia hosting, kedua menggunakan advanced DNS dengan cara menentukan A record domain ke IP address hosting, serta menambahkan CNAME record pada sub domain www ke root domain.

Fungsi Hosting Untuk Domain

Apa yang telah saya sebutkan tentang domain dan hosting tersebut, memiliki fungsi masing-masing. Domain server dan hosting server, adalah hal yang berbeda.

Oleh sebab itu, "domain dan hosting harus dibeli sepaket" karena; Anda tidak dapat membuat website jika hanya membeli domain tanpa hosting (baca pengertian hosting disini). karena hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen atau file yang berhubungan dengan website.

Kemudian jika hanya membeli hosting tanpa domain, maka; alamat website anda akan berbentuk alamat IP (misal; 153.78.65.44). Apa contoh domain dan hosting jika sudah dibeli? jawabannya adalah situs kami ini, id-webdev.com. Apa yang anda lihat disini semua file dan dokumennya tersimpan didalam hosting.

  1. Jadi fungsi domain dan hosting adalah sebagai syarat mutlak untuk membuat website.
  2. Dimana fungsi domain sebagai alamat website, sedangkan fungsi hosting adalah tempat menyimpan file untuk menjalankan dokumen atau fileyang dipakai untuk menjalankan sebuah website seperti misalnya, database, script/code, penyimpanan image dan lain sebagainya.

Apa boleh beli domain beda hosting? ya! tentu saja boleh, misal; anda beli domain di namesilo.com kemudian anda beli hosting di bluehost.com maka itu tidak masalah, yang penting anda lakukan konfigurasi nameserver didalam panel domain anda. Baca artikel terkait ==>> Tips memilih nama domain yang baik untuk website.

Pengertian Apa Itu Ekstension Domain

Domain memiliki ekstensi misal, .com. .net, .info, .org, .co.id, .co.uk dst. Ekstensi domain itu dapat merefleksikan konten website. Misal; domain dengan ekstensi .co.id itu merefleksikan bahwa website yang menggunakan domain berekstensi .co.id itu adalah website perusahaan yang sudah memiliki legalitas.

Atau domain berekstensi .org, itu merefleksikan website organisasi. Domain berekstensi .uk, .id, .in, .sg itu merefleksikan bahwa domain tersebut menyangkut sebuah kode negara; .uk untuk United Kingdom, .id untuk Indonesia, .in untuk India, .sg untuk Singapore.

Saran dari saya dalam memilih nama domain yang baik untuk website adalah; dengan membeli nama domain generik seperti misalnya .com.

Mengapa harus memilih nama domain generik jawabannya adalah karena terdapat domain yang berbasis kepada kode negara misalnya .id, .in, uk dst. Jika anda menggunakan domain berbasis kode negara maka akan sulit untuk memasarkan domain tersebut di luar kode negara jika anda ingin memasarkan menggunakan cara seo. Lain cerita jika anda tidak ingin memasarkan anda menggunakan teknik seo.

Tetapi memilih domain berbasis kode negara juga bukan berarti pilihan yang buruk. Anda masih dapat menggunakan domain berbasis negara tersebut khusus untuk indonesia misalkan .co.id. .id dan lain sebagainya (Lihat disini) untuk keterangan lebih lengkap tentang TLD (top level domain).

Kesimpulan Pengertian Tentang Domain

Sekarang anda sudah tahu pengertian apa itu domain bukan? so! membeli domain saja tanpa membeli hosting = tidak dapat membuat website atau membeli hosting tanpa membeli domain berimbas pada alamat website.

id-webdev.com