Tips Memilih Web Hosting

March 7, 2019

Tips memilih web hosting - Web hosting adalah tempat anda menyimpan seluruh dokumen yang berhubungan dengan website. Website terdiri dari berbagai macam dokumen, seperti script atau bahasa pemrograman website itu sendiri, gambar atau image dan dokumen-dokumen pendukung website lainnya.

Jika anda membeli web hosting maka ada beberapa faktor yang harus anda ketahui. Misalnya, seperti ukuran besar penyimpanan file atau dokumen, jumlah bandwidth dalam sebulan, serta spesifikasi dari web hosting itu sendiri, karena web hosting merupakan sebuah komputer yang berperan sebagai web server.

Sebelum membeli web hosting, sebaiknya anda ikuti saran tips memilih web hosting dari kami di bawah ini. Tujuannya adalah agar anda tidak salah membeli web hosting.

Tips Panduan Membeli Web Hosting

linux hosting

Yang harus anda perhatikan saat membeli web hosting adalah: lokasi web server, spesifikasi web server dan ukuran atau kuota dari web hosting yang akan anda beli. So! mari lanjut membahas tentang tips memilih web hosting.

Lokasi web hosting

Seperti yang telah saya katakan tadi bahwa; web hosting merupakan sebuah komputer yang berfungsi sebagai server. Komputer ditempatkan di dalam data center yang lokasinya berbeda-beda misal: web server yang berada di usa, jepang, singapore, indonesia dan atau negara lain.

Saat anda ingin membeli web hosting, pastikan anda membeli web hosting yang lokasinya berdekatan dengan target pemasaran anda, dalam hal ini jika anda ingin memasarkan website anda di indonesia, maka sebaiknya anda membeli web hosting yang berlokasi di indonesia atau negara yang dekat dengan indonesia seperti misalnya; singapura, malaysia, atau jepang.

Memilih lokasi webserver ini sangat disarankan oleh setiap webmaster yang membuat website, tujuannya adalah agar target market anda semakin dekat dengan lokasi website anda dan hal demikian berimbas pada kecepatan saat website anda dikunjungi oleh para pengunjung.

Spesifikasi web server

Setiap web server pasti memiliki spesifikasi dan setiap spesifikasi web server tentunya sangat beragam. Spesifikasi web server umumnya adalah; berupa jumlah processor, tipe processor, banyaknya ram serta operating system yang terinstal di dalamnya, contohnya web server linux dan web server windows.

Semakin besar spesifikasi website maka akan berdampak positif bagi performa website anda dan semakin kecil spesifikasi daripada web server maka akan berdampak negatif bagi performa website anda. Oleh sebab itu maka anda harus benar-benar memperhatikan spesifikasi dari pada web server.

Namun demikian, saat membeli web hosting, anda pun harus memperhatikan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan membeli spesifikasi web server yang besar bukan berarti tidak akan ada masalah atau jika membeli web hosting dengan spesifikasi web server yang kecil, bukan berarti akan banyak masalah, semua tergantung daripada keperluan website anda. Jika website anda memerlukan sumber daya yang besar maka wajib hukumnya untuk menggunakan web hosting yang memiliki spesifikasi yang besar, tetapi jika anda hanya memiliki website yang kecil dan hanya membutuhkan sumber daya yang sedikit maka tidak ada salahnya anda membeli web hosting biasa.

Untuk membeli web hosting terdapat beberapa pilihan yaitu web hosting dengan konsep share hosting, dan web hosting dengan konsep vps, kemudian ada lagi web hosting dengan konsep dedicated server. Jika anda hanya memerlukan hosting dengan spesifikasi yang kecil maka membeli share hosting adalah sebuah keputusan yang baik dibanding anda harus membeli vps hosting karena harga share hosting jauh lebih murah dibanding anda harus membeli vps hosting apalagi dedicated hosting.

Kuota web hosting

Setiap web hosting, baik itu share hosting maupun vps hosting atau dedicated hosting, pasti memiliki kuota yang diberikan oleh penyedia jasa web hosting. Dalam kontek ini lagi-lagi kita berpedoman kepada seberapa banyak anda memerlukan sumber daya untuk menjalankan website anda.

Untuk website berjenis company profile yang tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar, dengan membeli web hosting dengan konsep share hosting yang terdiri dari kuota tempat penyimpanan sebesar 500mb adalah sudah cukup, akan tetapi jika anda ingin membuat website dinamis yang mana anda harus terus mengupdate isi website seperti; menambah artikel, menambah gambar dan lain sebagainya, maka membeli web hosting dengan ukuran tempat penyimpanan 1gb sudah lebih dari cukup untuk sementara waktu sampai nanti website anda membutuhkan tambahan kuota tempat penyimpanan.

Banyak orang yang salah memilih web hosting, mereka umumnya melihat dari jumlah kuota penyimpanan. Mereka beranggapan semakin besar kuota penyimpanan maka website akan semakin kencang padahal itu adalah asumsi yang salah, karena tidak ada hubungan sama sekali antara tempat penyimpanan dengan kecepatan website anda sendiri.

Jika anda ingin memiliki website yang cepat saat dikunjungi pengunjung, maka kita membutuhkan pembahasan lain yang lebih spesifik menyangkut kecepatan website ini. Demikian artikel tips memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan ini kami buat semoga bermanfaat salam hangat dari id-webdev.com.

TriHarda

Jln. Mujahidin 1 No.112, Kreo Selatan, Kota Tangerang Banten 15156
0813 9891 2341