Fast Respond Informasi: 0813 9891 2341
fungsi google analytics

Apa itu analytics? analytics adalah kumpulan data catatan statistik dari sebuah website. Kegunaan analytics terutama fungsi Google analytics sangat banyak sekali sebab dari data analytics tersebut kita bisa menentukan langkah strategi marketing kedepan.

Ilustrasi Cara Kerja Data Analytics

apa itu analytics?

Untuk mempermudah bagaimana cara kerja analytics adalah dengan mengilustrasikan sebuah toko offline. Kalau anda memiliki toko offline, tentu anda tahu secara rill siapa pengunjung toko, misal;

  1. Gender
  2. Perkiraan usia
  3. Dari mana asalnya
  4. Apa yang dilihat
  5. Berapa lama berapa di toko
  6. Apa yang dibeli
  7. Dll

Dalam kontek toko offline tentu semua dapat diketahui dengan mudah karena bentuknya berupa fisik. Tapi apa jadinya untuk toko online? bukankah toko online bentuknya virtual? Untuk mengetahuinya maka anda membutuhkan data analytics.

Apa itu yang disebut dengan analytics jika sudah berbentuk data, maka isinya adalah berupa catatan pengunjung website. Yang dicatat didalam data analytics itu cukup lengkap seperti;

  1. Lokasi atau asal pengunjung website
  2. Operating system yang digunakan
  3. Browser yang digunakan
  4. Resolusi layar
  5. Kata kunci yang dipakai
  6. Data situs pengantar (referer) bila ada
  7. Alamat IP
  8. Jumlah halaman yang dikunjungi
  9. Lama waktu yang dihabiskan didalam website kita
  10. Gender
  11. Minat
  12. Usia
  13. Dan masih banyak lagi yang data analytics ini sangat lengkap

Kegunaan Analytics

Apa kegunaan analytics? kegunaan data analytics tentu sangat banyak sekali yang pada intinya adalah untuk mengetahui siapa saja pengunjung website secara lengkap. ID-WEBDEV sebagai internet marketing di Indonesia jelas menggunakan data analytics untuk mengetahui performa dari seluruh situs-situs yang kami kelola.

Kami menggunakan data analytics untuk melakukan tracking performa sekaligus membuat Goal. Misal kami membuat Goal mengarah ke halaman jasa pembuatan web Ciledug maka kita bisa melihat itu semua catata analytics dengan jelas.

Fungsi data analytics bagi seorang profesional dibidang internet marketing adalah menjadikan data tersebut sebagai acuan untuk menentukan strategi pemasaran. Disamping itu analytics pun dipakai untuk memecahkan masalah. Contoh beberapa masalah yang dapat dipecahkan dengan data analytics itu adalah;

  1. Website tidak ada pengunjungnya
  2. Website sedikit pengunjungnya
  3. Website banyak pengunjungnya tapi tidak ada interaksi (yang menelpon atau bertanya tentang produk yang dijual didalam website)
  4. Website banyak pengunjungnya dan banyak interaksi tapi tidak ada atau hanya sedikit pembelinya
  5. Dan permasalah lainnya

Tools Data Analytics

Ada banyak sekali tools data analytics yang bisa anda pakai, diantaranya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Contoh yang gratis misalnya; Google Analytics, Matomo dan Histats.

Apa yang diberikan ketiga situs itu semua (pencatat analytics) adalah sangat penting untuk anda pertimbangkan juga. Fungsi Google analytics untuk website walaupun gratis tapi sangat penting sekalig.

fungsi google analytics

Untuk dapat menggunakan fasilitas Google Analytics anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan akun Gmail, atau ikuti cara dibawah ini:

  1. Daftar atau login ke akun Google
  2. Kunjungi https://analytics.google.com/analytics/web/#/
  3. Klik tombol create account
  4. Masukan data website yang ingin didaftarkan
  5. Copy dan paste kode analytics kedalam website
  6. Selesai

Untuk menggunakan Matomo gratisan anda harus menginstall aplikasinya didalam server anda dan untuk menggunakan Histats cukup dengan mendaftarkan website, caranya seperti mendaftar pada Google analytics.

Karena fungsi Google analytics untuk website sangat penting maka sangat saya anjurkan agar anda secepatnya untuk mendaftarkan website untuk mendapatkan data analytics yang tepat. Apa yang saya sebutkan itu menyangkut analytics sangat penting.

Baca artikel terkait lainnya:

  1. Cara promosi online
  2. Membuat tampilan web agar menarik
  3. Menulis artikel SEO friendly

Artikel