Fast Respond Informasi: 0813 9891 2341
Cara Perbaiki Error 404 dan Mengetahui Penyebab Error 404

Error 404 adalah kode pesan HTTP error page not found atau halaman tidak diketemukan. Apa penyebab error 404 ini dan bagaimana cara perbaiki error 404 adalah dengan mengikuti beberapa petunjuk yang akan saya terangkan didalam artikel ini.

Merujuk pada pesan error 404 pasti anda sudah mengira penyebabnya adalah karena halaman atau URL yang dikunjungi itu sudah tidak eksis lagi. Penyebabnya sangat beragam bisa berasal dari berbagai macam penyebab juga.

cara perbaiki error 404

Sebelum mengetahui bagaimana cara perbaiki error 404 pada blog website WordPress kita maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mencari penyebabnya.

Penyebab dan Cara Perbaiki Error 404

Untuk memperbaiki error 404 anda tidak usah menggunakan jasa IT apalagi meminta konsultan IT untuk memperbaikinya karena mempebaiki error 404 ini sangat mudah sekali asalkan kita tahu penyebabnya. Dan inilah beberapa penyebab terjadinya error page not found itu;

penyebab error 404

Perbaiki Error 404 Karena Ada Halaman Web Terhapus

Error 404 akan muncul karena sebab adanya halaman yang terhapus. Misal, anda membuat artikel dengan URL https://id-webdev.com/service/jasa-pembuatan-website-jakarta-barat-jakbar/ tapi kemudian postingan atau artikel tersebut terhapus maka efeknya adalah error 404.

Cara perbaikinya adalah dengan membuat ulang artikel dengan struktur URL (permalink yang sama). Kalau alamat URL tidak sama walau judul postingan sama maka tetap saja error.

Berubahnya Struktur URL (Permalink)

Error 404 bisa muncul juga jika struktur URL permalink berubah. Biasanya error hadir ketika anda merubah struktur permalink pada WordPress.

Contoh URL sebelum dirubah permalinknya: https://id-webdev.com/service/jasa-mikrotik/ tetapi kemudian terjadi perubahan permalink menjadi https://id-webdev.com/jasa-mikrotik/ maka jika ada orang yang mengunjungi URL yang lama efeknya adalah akan muncul error 404.

Masalah ini bisa muncul bukan karena perubahan setting permalink saja tetapi juga bisa muncul karena anda merubah judul konten yang menyebabkan berubah pula pada URL nya.

Cara perbaiki error 404 karena berubahnya struktur permalink ini adalah dengan mengembalikan setting blog WordPress anda ke settingan yang lama.

BUG Pada Themes Atau Plugin

Ini jarang sekali terjadi, tetapi kami pernah mengalaminya. Penyebab error ini adalah adanya BUG yang menggenerate URL atau membuat URL baru dari URL yang sudah ada sebelumnya.

Contoh misal anda membuat artikel dengan URL https://id-webdev.com/service/jasa-seo/ lalu kemudian karena ada bug pada themes atau plugin maka secara otomatis akan tergenerate URL baru dengan misal: https://id-webdev.com/service/jasa-seo/koksnhkdf12mkjpolbnas12345jids dst.

Cara perbaiki masalah error 404 ini tentu saja dengan menghubungi developer themes dan plugin yang menyebabkan error tersebut.

Artikel