Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Shop

Beberapa waktu lalu saya sudah menuliskan artikel tentang cara menarik pelanggan online shop dan artikel cara meningkatkan omset penjualan online shop ini sangat berkaitan erat dengan artikel sebelumnya itu. Karenanya sangat disarankan agar anda juga membaca artikel sebelumnya dan baca juga artikel cara promosi online.

Tidak ada cara yang cepat, instant sekejap mata dalam meningkatkan omset penjualan karena semuanya harus dimulai dengan perhitungan yang matang. Apalagi persaingan antar online shop saat ini sudah semakin keras. Namun demikian anda tidak perlu khawatir sepanjang mau mengikuti beberapa tips yang akan saya sampaikan pada artikel ini.

7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Shop

Kita akan bahas secara perlahan-lahan agar anda bisa mendapatkan ide yang saya bagikan dibawah ini:

1. Kurangi Pengeluaran

Setiap online shop pasti membutuhkan anggaran operasional yang kemudian anggaran tersebut masuk kedalam pos biaya operasional. Contoh anggaran operasional sehari-hari menjalankan usaha online shop adalah; membayar internet, listrik, staff dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Shop

Mengurangi pengeluaran biaya operasional sehari-hari akan bisa berdampak besar pada pengeluaran bulanan usaha. Dan cara meningkatkan omset penjualan yang efektif dan paling mudah untuk dikerjakan adalah dengan mengurangi biaya-biaya operasional yang bisa ditekan angkanya agar online shop bisa berjalan stabil dan efisien.

2. Maksimalkan Apa Yang Ada

Menjalankan usaha online shop tidak memerlukan toko, jadi anda tidak perlu sewa ruko. Biaya sewa ruko yang tinggi jelas bisa membuat pengeluaran membengkak karena sebuah online shop masih bisa dijalankan dari rumah tanpa harus punya ruko. Cara ini akan terasa sekali manfaatnya dalam rangka meningkatkan omset penjualan, biaya sewa ruko bisa anda alihkan untuk biaya promosi online shop.

3. Jalankan Strategi Mata-mata

Siapa pesaing online shop anda? kumpulkan kemudian selidiki. Apa yang harus kita selidiki? jawabnya tentu semua hal yang berkaitan dengan penjualan. Dalam kontek online shop anda bisa menggunakan cara mata-mata yaitu melihat dan mempelajari bagaimana pesaing bisnis anda bekerja. Ujung dari aktivitas ini ialah tentu saja untuk meningkatkan omset penjualan online shop anda.

Lakukan perbandingan harga, cara melayani pelanggan, penawaran yang diberikan online shop pesaing atau singkatnya segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Jika harga anda lebih mahal dibanding dengan harga yang diberikan pesaing maka carilah informasi seakurat mungkin mengapa hal itu bisa terjadi. Cara yang paling efektif adalah dengan bertanya kepada mereka perihal harga terendah yang mereka berikan kemudian ambil langkah-langkah positif untuk meningkatkan omset penjualan online shop anda.

4. Gunakan Data Analytics Untuk di Compare Dengan Omset Penjualan Online Shop

Data analytic sangat penting sekali untuk diadakan (apa itu analytics? baca ini jawabannya). Anda bisa menggunakan fasilitas Google Analytics secara gratis.

apa itu analytics?

Dengan bantuan data analytics kita bisa mengeksplor performa dari online shop kita sekaligus melakukan tindakan-tindakan yang perlu diambil dalam rangka untuk meningkatkan omset penjualan online shop.

Didalam analytics tercatat semua informasi yang berhubungan dengan bisnis sebab analytics merupakan catatan harian dari online shop. Dengan bantuan analytics maka jelas anda bisa melihat apa yang kurang dan harus di tingkatkan dan mana yang sudah bagus dan harus dirawat.

5. Berikan Kemudahan Bertransaksi

Jangan mempersulit calon pelanggan saat ingin membeli atau ingin bertransasksi di online shop kita. Berikan banyak kemudahan, berikan garansi, berikan pelayanan ekstra yang bisa membuat calon pelanggan menjadi lebih nyaman berbelanja di online shop kita.

Kepada siapapun anda bertanya dan berkonsultasi tentang cara meningkatkan omset penjualan online shop maka jawabanya pasti sama dan memberikan kemudahan bertransaksi kepada pelanggan termasuk kedalam point penting yang harus anda lakukan.

6. Tingkatkan Pelayanan Untuk Meningkatkan Omset Online Shop

Latih customer service online shop anda (kalau menggunakan customer service) buatlah S.O.P dan terapkan kepada para karyawan untuk selalu berpegang pada S.O.P tersebut. Tidak ada cara lain untuk meningkatkan omset penjualan kalau dari sisi SDM saja sudah berantakan. Tidak sopan, tidak friendly, tidak akurat memberikan informasi kepada pelanggan bisa membuat online shop anda akan bangkrut perlahan-lahan karena kesalahan SDM.

Pembeli adalah raja yang harus dilayani sebaik mungkin, dan cara melayani pembeli dengan baik tanpa berlebih-lebihan merupakan langkah awal untuk meningkatkan omset penjualan online shop yang sangat tepat.

7. Berpromosi Secara Tepat Guna

Ada beberapa cara promosi online yang kesemuanya kita sebut dengan digital advertising. Tapi dari sekian banyak digital advertising itu mana yang paling tepat untuk anda adopsi. Salah cara promosi maka anda akan rugi dan itu bukannya bisa meningkatkan omset penjualan tapi malah membuat rugi online shop.

Apakah menggunakan jasa SEO, Google Ads, Facebook Ads, Twitter, Viral Marketing atau menggunakan jasa endorse harus anda temukan yang paling tepat. Meningkatkan omset penjualan harus dengan cara promosi yang tepat guna, tepat sasaran dan dengan biaya yang bisa dikalkulasikan.

Leave a Comment





Call Us
Chat WA