ads

Belajar SEO Otodidak Gratis

Ya! Anda dapat belajar SEO secara otodidak dan gratis tanpa harus kursus SEO atau dipandu secara private oleh master SEO. Tetapi ilmu yang didapat tentu saja kurang maksimal karena banyak sekali aspek-aspek yang harus dipelajari. Mengerjakan SEO tidak semudah mengucapkannya tetapi diperlukan kerja keras yang efektif, efisien dan murah. Didalam artikel ini akan coba saya berikan gambaran sekilas tentang SEO, saya berharap artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi ahli SEO secara otodidak tanpa harus kursus SEO yang tidak gratis.

Program Belajar SEO

Kita akan mebahas tentang SEO secara umum saja sedangkan untuk detail bagaimana menjalankan SEO itu anda bisa belajar dari blog-blog lain, menonton video tutorial tentang SEO atau bertanya pada forum-forum SEO yang banyak bertebaran di internet.

Tujuan SEO

Mengapa orang menjalankan SEO? apa tujuan SEO? kenapa harus belajar? tujuan SEO adalah agar website yang di optimasikan secara SEO bisa berada di posisi teratas search engine dan mendapatkan pengunjung yang banyak secara gratis.

Sebelum lanjut belajar SEO secara otodidak Anda bisa baca artikel ini yaitu penjelasan tentang apa itu SEO. SEO merupakan bagian dari strategi cara promosi online yang gratis. Dengan SEO anda website yang anda kelola bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, relevant dengan produk yang anda jual secara gratis. Gratis disini maksudnya adalah tanpa harus membayar biaya iklan, baik itu iklan Google maupun iklan digital lainnya.

Belajar SEO Langsung Dari Sumbernya

Google telah memberikan panduan buat para user yang ingin mengetahui bagaimana cara Google merangking sebuah halaman website. Untuk mengetahui bagaimana cara Google merangking halaman website silahkan kunjungi link ini.

Silahkan belajar dan pelajari dengan fokus dan detail langkah-langkah SEO untuk mengoptimasikan halaman website agar bisa mendapatkan ranking teratas dihalaman hasil penelusuran Google.

Teknik On-page SEO

Apa itu on-page SEO? on page SEO itu adalah mengoptimalkan sebuah halaman website agar sesuai dengan petunjuk dari algorithm Google, tujuannya adalah agar halaman web tersebut mendapatkan peringkat yang tinggi didalam halaman pertama Google baca selengkapnya disini.

Video-video tutorial tentang belajar mengoptimasikan on-page SEO banyak sekali di Youtube, anda bisa cari disana dan belajar langsung dengan master SEO dari Indonesia ataupun dari luar negeri seperti Brian Dean atau Neil Patel atau langsung dari channel Google Webmaster.

Teknik Off-page SEO

Apa itu Off-page SEO? Off-page SEO adalah kebalikan dari on-page SEO, yaitu mengoptimasikan website anda dengan cara membuat backlink. Apa itu backlink? backlink adalah link yang berada di website lain yang mengarah ke website kita .

Jika anda lihat link dengan tulisan Brian Dean dan Neil Patel diatas maka itu adalah contoh dari backlink. Backlink untuk kedua link yang ada didalam artikel mengarah ke video channel di Youtube.

Mulailah dari belajar yang ringan-ringan dahulu seperti belajar bagaimana menggunakan salahsatu CMS WordPress misalnya. Sebab anda tidak akan bisa menjalankan SEO kalau tidak bisa menggunakan CMS WordPress atau CMS lain yang anda gunakan untuk membuat website.

Jika anda sudah belajar tetapi masih belum mampu untuk menaikan posisi website anda maka pertimbangkan untuk mengikuti kursus SEO bersama ID-WEBDEV karena kami juga menyediakan program kursus SEO online dengan biaya yang murah.

 

Related Posts