Apa itu Google Adwords? Google Adwords atau sekarang berganti nama menjadi Google Ads merupakan fasilitas program periklanan PPC yang diberikan oleh Google. Contoh dan cara daftar Google Adwords Indonesia akan kami tampilkan di artikel ini, termasuk juga strategi cara menggunakan agar biaya Google Adwords menjadi lebih murah.

Setelah anda berhasil membuat website bersama kami, maka langkah selanjutnya adalah; sesegera mungkin untuk mempromosikan website baru anda agar mendapatkan pengunjung untuk berbelanja. Apa yang saya maksudkan promosi itu adalah dengan menggunakan Google Adwords.

Cara Kerja Google Adwords

apa itu google adwords

Sebelum membahas apa itu cara kerja dan manfaat dari Google Adwords, yang pertama sekali akan saya bahas adalah mengenai biaya Google adwords. Harga memasang iklan Google Adwords tidak dihitung secara general seperti anda memasang iklan pada blog yang dibayar perbulan.

Biaya Google adwords dihitung berdasarkan harga per-klik, istilah ini disebut dengan “bid” (lelang). Harga bid tergantung dari persaingan, semakin tinggi persaingan maka semakin tinggi pula harga Google adwords. Ilustrasinya bisa seperti ini;

Harga rata-rata perklik yang ditentukan Google untuk sebuah kata kunci misalnya untuk kata kunci; “jasa pembuatan website BSD” adalah Rp15.000,-, tetapi anda hanya memasukan “bid” dibawah harga rata-rata, bila kondisinya seperti itu maka iklan tidak akan muncul dihalaman pertama atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Cara menggunakan Google adwords untuk pemula memang sangat-sangat sulit, banyak sekali istilah-istilah asing yang sama sekali belum pernah didengar sebelumnya. Padahal kenyataannya apa yang dikatakan sulit itu hanyalah buat pemula yang baru menggunakan Google Adwords.

Contoh Google Adwords

contoh google adwords

Gambar diatas adalah contoh penampakan Google adwords. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa, urutan yang paling atas dari pemunculan iklan Adwords tersebutlah yang paling tinggi harga bid-nya.

cara kerja google adwords

Bila anda ingin memasang iklan Adwords maka inilah urutannya:

  1. Daftar dan login direkomendasikan menggunakan email Gmail atau menggunakan email lain juga bisa
  2. Buat campaign
  3. Buat Ads termasuk juga memasukan keyword, setting bidding, setting lainnya
  4. Bayar menggunakan kartu kredit
  5. Tunggu iklan di approve
  6. Iklan tayang

Saat ini google adwords indonesia hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit, walaupun ada cara metoda pembayaran lainnya tapi itu tidak disarankan. Karena siapapun orangnya yang ingin memasang iklan PPC pasti ingin cepat tayang bukan? Baca juga artikel lainnya: Cara promosi online

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website atau ingin memasang iklan adwords, silahkan langsung berbicara dengan marketing online kami dinomor tertera. ID-WEBDEV siap untuk membantu anda.

1 Comment

  1. oce on April 11, 2019 at 11:59 am

    tulisannya bagus sekali trim ya mas



Leave a Comment