Apa Itu Bandwidth?

Apa itu bandwidth? bandwidth dalam kontek website dan yang berhubungan dengannya adalah suatu ukuran kuota data transfer yang diberikan oleh provider web hosting kepada client (website) yang terdapat didalamnya.

Misal ada sebuah website yang diberikan bandwidth sebesar 10GB perbulan. Maka pengertiannya adalah website tersebut masih bisa di akses atau di kunjungi oleh pengguna selama kuota 10GB bandwidth belum habis. Tetapi jika kuota 10GB tersebut telah habis maka website tidak dapat dikunjungi pengunjung dengan keterangan bandwidth exceeded alias website telah menghabiskan kuota bandwidth yang diberikan.

Bandwidth

Bagi orang awam agar lebih mudah lagi mengartikan bandwidth adalah; bandwidth bisa kita ibaratkan kuota paket internet. Selama anda masih memiliki kuota paket internet maka selama itu pula anda masih bisa tersambung ke internet. Nah begitu juga dengan bandwidth pada website.

Perhitungan Bandwidth

  1. Website anda memiliki kuota bandwidth sebesar 10GB perbulan atau jika di convert ke MB maka menjadi 10.000 MB perbulan
  2. Anda memiliki website yang besar ukuran setiap halamannya 2Mb
  3. Jumlah pengunjung website anda sehari 100 orang
  4. Tiap pengunjung website masing-masing mengunjungi 10 halaman website anda yang masing-masingnya berukuran 2Mb

Perhitungan matematikanya adalah: 2 x 10 x 100 = 2000 jadi dalam sehari anda website anda menghabiskan bandwidth sebanyak 2000Mb. Jika kuota bandwidth anda 10.000Mb maka ia akan bekurang sebanyak 2000Mb.

Jika begitu kenyataannya maka jelas website anda hanya bisa diakses selama 5 hari saja. Lewat dari itu website tidak dapat di akses karena sudah kehabisan bandwidth.

Oleh sebab itu belilah web hosting yang memberikan unlimited bandwidth seperti paket jasa pembuatan website kami setiap paket jasa pembuatan website mendapatkan unlimited bandwidth.

1 Comment

  1. Angelique on April 11, 2019 at 11:49 am

    informasinya menarik sekali trim ya gan



Leave a Comment





Call Us
Chat WA